Rabu, 24 Juli 2013

TUGAS MANAJEMEN OPERASIONAL

Soal
  1. Carilah konsep kualitas dari perusahaan lain dan jelaskan maknanya!
  2. Apa yang dijelaskan dalam ISO 9000 (dan kelompoknya) dan ISO 14000 (dan kelompoknya?
  3. Apa yang dimaksud dengan Kaizen dan Six Sigma?
Jawaban:
  1. 1.    MNC RCTI Oke
TIGA PILAR UTAMA RCTI
  1. a.    Keutamaan dalam kebersamaan
Pernyataan ini memiliki arti bahwa seluruh staf yang ada di RCTI selalu mengutamakan kepentingan perusahaan d atas kepentingan pribadi mereka, hal ini membuktikan adanya komitmen yang kuat pada diri mereka untuk menghasilkan karya terbaik dan mendedikasikan diri mereka untuk perusahaan. Mereka menggunakan semangat kbersamaan untuk menjadi tim kerja yang kuat.
Bersatu padu
Pernyataan ini memiliki arti bahwa seluruh staf yang ada di RCTI bekerjasama dalam menghasilkan karya. Mereka memberdayakan seluruh komponen tanpa terkecuali,sehingga setiap orang harus menjalankan fungsi dan peran dengan baik. Tak ada yang menganggur ataupun  acuh terhadap pekerjaan, mereka bertekad menjalankan misi mereka untuk mencapai visi yang telah di tetapkan. Hal ini memungkinkan seluruh komponen  perusahaan dari level bawah sampai dengan level atas mampu bersama-sama terstimulasi, terkoordinasi, dan tersistemasi memberikan karya terbaiknya .
  1. b.    Oke
RCTI selalu unggul dalam kualitas materi dan penyajian program hiburan dan informasi. Mereka selalu memperhatikan keseimbangan antara faktor bisnis dan tanggung jawab sosial atas sajian program. Pertimbangan ini merupakan langkah RCTI untuk menjadi yang terbaik dalam dunia hiburan ataupun image dalam masyarakat.




  1. 1.    Penjelasan ISO9000 dan ISO14000
    1. a.    ISO9000 merupakan standar kualitas yang diakui Internasional. Didalamnya menjelaskan tentang penetapan prosedur manajemen kualitas melalui kepeminpinan, dokumentasi terperinci, perintah kerja, dan penyimpanan catatan.
Adapun kelebihan dari standar ini adalah:
  • adanya satu set prosedur yang mencakup semua proses penting dalam bisnis;
  • adanya pengawasan dalam proses pembuatan untuk memastikan bahwa sistem menghasilkan produk-produk berkualitas;
  • tersimpannya data dan arsip penting dengan baik;
  • adanya pemeriksaan barang-barang yang telah diproduksi untuk mencari unit-unit yang rusak, dengan disertai tindakan perbaikan yang benar apabila dibutuhkan;
  • secara teratur meninjau keefektifan tiap-tiap proses dan sistem kualitas itu sendiri.
  1. b.    ISO14000 dalam standar ini menjelaskan tentang standar menejemen lingkungan yang mengandung lima elemen pokok: Manajemen lingkungan, audit, evaluasi kinerja, pelebelan, dan penilaian siklus hidup.
Adapun kelebihan dari standar ini adalah
Cintra public yang positif dan ekspos yang berkurang terhadap kewajiban
Pendekatan sistematis yang baik untuk pencegahan polusi melalui minimalisasi dampak ekologi dari produk dan aktivitas perusahaan
Ketaatan dengan persyaratan peraturan dan peluang untuk mendapatkan keunggulan bersaing.
Berkurangnya kebutuhan untuk melakukan audit majemuk

  1. 2.    Yang dimaksud dengan:
    1. a.    Kaizen (kai-seng) adalah berasal dari kata Kai = merubah dan Zen = lebih baik. Pengertian Kaizen adalah proser perbaikan yang dilakukan tanpa pernah berhenti atau penetapan dan pencapaian tujuan yang lebih tinggi. Yaitu Adapun konsep berpikir Kaizen sebagai berikut:
      1. Masalah adalah kumpulan sesuatu yang berharga dan orang bukan masalah. Yang benar, jadikan orang menjadi pemecah masalah. Kalau tidak mengalami kesulitan, “ide perbaikan” tidak akan muncul.
      2. Bila ada kesalahan segera perbaiki. Pertanyakan cara kerja yang sekarang, lebih baik memikirkan cara untuk melaksanakan perbaikan dari pada mencari alasan mengapa tidak bisa. Hindarkan alasan-alasan/teori klasik.
      3. Jangan mengandalkan uang untuk Kaizen, lebih baik melakukan Kaizen pekerjaan dulu dari pada equipment. Dan yang terpenting, jangan menunggu sempurna, 50% OK, segera lakukan.
      4. Lihat dengan mata kepala sendiri, cari penyebab sesungguhnya dengan jujur dengan menanyakan 5 kali mengapa-mengapa-mengapa-mengapa dan mengapa, sehingga akar permasalahan dapat diketahui dengan baik.
      5. Kaizen itu tidak terbatas, karena ruang yang paling luas di dunia ini adalah ruang untuk membuat perbaikan. Dibanding ‘pengetahuan’ 1 orang masih lebih baik ‘ide’ 10 orang.
      6. Dalam melakukan Kaizen, keselamatan dan kualitas jangan dilupakan.
      7. b.    Six Sigma adalah suatu program yang dilakukan untuk menghemat waktu, meningkatkan kualitas, dan menurunkan biaya. Atau dalam arti lain Six Sigma merupakan sebuah program yang dirancang guna mengurangi cacat untuk membantu mengurangi biaya, menghemat waktu  dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Adapun proses atau fase yang dilakulakan oleh Six Sigma berupa DMAIC, yaitu:
1)    Define (definisikan), yang meliputi tujuan, cakupan, dan output dari proyek, kemudian identifikasikan informasi proses yang diperlukan dengan mengingat definisi kualitas dari pelanggan.
2)    Measure (Ukur), prosesnya  dan kumpulkan datanya
3)    Analyze (Analisis), dengan data memastikan kemampuan untuk diulangi (hasil yang dapat di duplikasi ) dan produksi kembali (orang lain mendapatkan hasil yang sama).
4)    Improve (perbaiki,) dengan mengubah atau merancang kembali, proses-proses, dan prosedur-prosedur yang sudah ada
5)    Control (Kendalikan), proses baru untuk memastikan kinerjanya di pertahankan.

0 komentar:

Posting Komentar