Rabu, 24 Juli 2013

Keuangan Syari’ah Pondasi Perekonomian Dunia

Judul Buku   : Pengantar Keuangan Islam
Penulis          : Zamir Iqbal dan Abbaz Mirakhor
Penerbit        : Kencana
Tebal Buku   : viii, 416 Halaman
Cetakan        : I, September 2008
Peresensi      : M. Fais0l
Ekonomi merupakan salah satu bagian vital yang tidak terlepas dari masyarakat dalam aktivitas sehari-hari. Sampai sekarang keadaan ekonomi Negara kita masih diambang kemajuan yang semakin membaik dilihat dari sisi perhitungan angka dan data statistik. Namun hal ini tidak menutup mata kalau semua itu belum berdampak pada kesejahteraan masyarakat sebagai prioritas pemerintah.
Dimana-mana banyak pengangguran, rakyat miskin yang terlantar dan konflik akibat masalah ekonomi. Selain itu juga, banyaknya penyelewengan yang terjadi diantara pejabat kita baik di tataran pemerintahan sampai tataran paling bawah. Demikian yang membuat perekonomian kita semakin tidak menjanjikan dengan sistem keuangan yang masih berbasis ala barat yaitu konvensional.
Dampak krisis ekonomi yang terjadi pada tahun 1998 juga merupakan salah satu indikasi dari ambuknya sistem keuangan dunia khususnya di Amerika Serikat. Sistem keuangan konvensional akhir-akhir ini menimbulkan banyak pertanyaan dan pertimbangan di dunia komersial, walaupun masih banyak diantara mereka yang tetap dengan prinsipnya mengagumi dan mempertahankan sistem keuangan konvensional sebagai acuan utama. Semua permasalahan tersebut terjawab dengan munculnya sistem keuangan Islam di abad modern yang terbukti mengatasi adanya krisis ekonomi dunia dan sistem ekonomi Islam-lah yang tetap bertahan bahkan menghasilkan laba terbesar.
Uraian diatas memberikan konspirasi pada peresensi untuk mengupas dan meresensi buku yang berjudul Pengantar Keuangan Islam Teori dan Praktik, yang ditulis oleh Zamir Iqbal. Dalam buku ini penulis memaparkan bagaimana awal munculnya sistem keuangan Islam di tengah-tengah sistem keuangan konvensional yang menjamur di belahan dunia dengan prinsip dan etika mu’amalah yang diterapkan oleh Islam berdasarkan konsep syari’ah. Dimana konsep tersebut tidak lain bersumber dari nash al-Qur’an, al-Hadits, Ijma’ dan Qiyas serta Ijtihad semampang berada dalam koredor syari’ah Islam yang hakiki. Secara definitif sistem ekonomi Islam sendiri tidak banyak pengertian oleh penulis hanya diambil satu desinisi saja dengan maksud  mempermudah dalam memberikan pengertian pada pembaca.
Sistem ekonomi Islam yang dibahas dalam buku ini juga tidak terlepas dari unsur-unsur mu’amalah seperti jual beli, penanaman modal, dan dunia perbankan. Demikian Zamir Iqbal memberikan penjelasan satu persatu supaya pembaca mengerti dan paham lebih jelas tentang sistem ekonomi Islam yang sebenarnya. Hal ini dipaparkan karena mu’amalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tidak terlepas dari perilaku dan konsep ekonomi Islam itu sendiri.
Masalah permodalan, perbankan dan sejenisnya diterangkan secara rinci khususnya yang berkaitan dengan riba. Kata riba selalu menjadi topik permasalahan dalam sistem keuangan Islam dan sistem keuangan konvensional maka, perbedaan yang terdapat pada sistem ekonomi Islam dan konvensional menjadi fokus utamanya supaya pembaca lebih paham akan konsep riba dalam sebuah mu’amalah khususnya di dunia perbankan. sebab banyak orang yang salah tanggap tentang pengertian riba itu sendiri. Riba dan jenis-jenisnya tidak lepas juga dari pembahasan dalam buku ini.
Bagian akhir buku, penulis memberikan alternatif kepada pembaca yang budiman tentang tantangan ekonomi Islam dalam dimensi globalisasi sehingga ekonomi Islam selalu digarda paling depan dalam suatu sistem perekonomian. Hal ini merupakan pesan penulis bagi pembaca untuk selalu menjaga konsistensi dan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Adapun pemikiran yang perlu dilakukan adalah memperbaiki ekonomi Islam, adanya kepercayaan, institusi dan perkembangan ekonomi, dan munculnya sistem financial berbagai resiko. Semua itu dibahas secara tuntas.
Buku berjudul Pengantar Keuangan Islam yang ditulis oleh Zamir Ikbal merupakan buku refrensi bagi seorang ekomom pemula khususnya mahasiswa yang mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi di bidang ekonomi. Buku ini membantu untuk memperdalam pengetahuan pembaca tentang seluk-beluk sistem ekonomi Islam. Pembaca diharapkan tidak hanya mengetahui secara teoritis melainkan dapat mengimplementasikan secara praktik dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam buku ini peresenti menemukan beberapa kelemahan pertama, untuk suatu pengantar buku ini terlaku tinggi pembahasannya, gaya bahasa yang sulit dipahami, dan lain-lain. Adapun kelebihannya adalah penulis memberikan pembahasan yang mengalir dari pokok permasalahan, menjelaskan secara terperinci dan jelas, dan memberikan beberapa alternatif atau solusi dalam sebuah permasalahan serta dianjurkan untuk memngimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

0 komentar:

Posting Komentar